PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMAHAMAN MATERI TEKS BIOGRAFI KELAS X SMA/SMK

Fitriani Ramadhon, Dian and Noermanzah, Noermanzah and Gumono, Gumono (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMAHAMAN MATERI TEKS BIOGRAFI KELAS X SMA/SMK. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
250124_Skripsi_Dian Fitriani R_compressed - Dian Fitriani Ramadhon.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Media pembelajaran interaktif adalah media pembelajaran yang menghubungkan
teks, suara, gambar bergerak, dan video yang bertujuan untuk memperlancar proses
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran
berbasis articulate storyline 3 pada pemahaman materi teks biografi layak dan efektif
digunakan oleh siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan angket respons siswa
dan guru. Berdasarkan hasil penelitian, siswa menyukai media pembelajaran yang
bentuknya audio-visual, dengan terdapat animasi yang menarik, dan berbagai menu
pilihan di dalamnya. Guru juga menginginkan media yang dapat menyajikan materi
dengan lengkap dan dapat memvisualisasikan materi pembelajaran teks biografi
dengan menarik. Hasil desain produk yang dihasilkan terdapat menu pendahuluan,
materi, informasi, dan evaluasi dan media yang dihasilkan berbentuk web browser
berupa html5. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran oleh para validator (ahli
media maupun ahli materi) dalam persentase keseluruhhan memeroleh 93,21%
dengan kategori sangat layak dengan penghitungan persentase kelayakan media
mendapatkan hasil sebesar 95,53% dan mendapat hasil sebesar 90,89% pada
kelayakan materi. Media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada
pemahaman materi teks biografi juga terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa, memudahkan siswa dalam memahami teks biografi, dan menjadi sumber
belajar mandiri. Hal tersebut dibuktikan melalui rangkaian uji coba terbatas kepada
15 siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kota Bengkulu dan menghasilkan respons siswa
terhadap aspek kelayakan media pembelajaran dari angket yang disebarkan. Hasil
penghitungan persentase kelayakan media pembelajaran dari sudut pandang siswa
mendapatkan hasil sebesar 95,19% dan respon guru mendapat persentase sebesar
96,33%. Dengan demikian, persentase tersebut menunjukkan bahwa media
pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada pemahaman materi teks
biografi kelas X SMA/SMK sangat layak danefektif untuk diimplementasikan dalam
pembelajaran. Kelebihan dari media pembelajaran ini yaitu dapat digunakan baik
secara online dan offline dan mudah digunakan diberbagai perangkat.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:35
Last Modified: 26 Aug 2024 07:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20611

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200