Samsilayurni, Samsilayurni (2023) MANAJEMEN AKREDITASI PROGRAM STUDI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![DISERTASI [thumbnail of DISERTASI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. DISERTASI _SAMSILAYURNI- Lengkap_compressed - samsila yurni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Suatu organisasi dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan, akan sukses
apabila organisasi mampu menjalankan fungsi manajemen dengan baik
diantaranya mampu untuk mengkoordinasikan dalam usaha menjalankan sasaran
yang telah ditetapkan serta mampu melaksanakan monitoring pelaksanaan kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan fungsi manajemen
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan pelaksanaan dalam implementasi
pemutakhiran data, pengawasan penjaminan mutu akreditasi program studi di
Universitas Muhammadiyah Palembang dan menghasilkan buku panduan
akreditasi dalam pengelolaan dokumen pendukung akreditasi sesuai dengan rubrik
penilaian akreditasi versi 4.0 di era digital. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif, Peneliti bermaksud menggambarkan pelaksanaan proses
akreditasi program studi di perguruan tinggi. Data penelitian diperoleh melalui
wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian
menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu teknik
analisis data dengan menggunakan penjelasan dalam bentuk kalimat yang
diperoleh dari hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti
menemukan bahwa kegiatan manajemen akreditasi program studi di Universitas
Muhammadiyah Palembang dilaksanakan dalam empat tahapan yakni
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan atau pelaksanaan serta pengawasan
terhadap penjaminan mutu, audit mutu internal secara umum sudah berjalan
dengan baik, namun fungsi pengarahan pelaksanaan khusus pengimplementasian
pemutakhiran data LKPS dan LED APS 4.0 melalui aplikasi sebagai persiapan
asesmen lapangan di program studi masih belum berjalan secara optimal.
Kesimpulan dari penelitian ini ternyata buku panduan Si-Cerdas akreditasi
memudahkan pengelolaan data pendukung yang dibutuhkan sesuai dengan rubrik
penilaian akreditasi. Penelitian ini memberi kontribusi kepada pengelola
perguruan tinggi dan program studi dalam menyiapkan dokumen akreditasi, serta
ini la yang menjadi novelty.
Kata Kunci: Manajemen, Akreditasi, Program Studi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:43 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20612 |