Nugroho, Muhammad Ridho and Badeni, Badeni and Eko, Risdianto (2023) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Disertasi M. Ridho Nugroho NPM A3K020016 Perpus UNIB_compressed (2) - Muhammad Ridho Nugroho.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul interaktif PHBS untuk meningkatkan
perilaku hidup bersih dan sehat siswa sekolah dasar (SD). Pada penelitian ini peneliti
menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4 D
yang terdiri dari tahapan design, define, develop dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas V SDIT Raudhatul Jannah dan SD Muhammadiyah Lubuklinggau. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes (prestest-postest) dan non-test (wawancara dan
observasi). Instrumen ini untuk mengetahui analisis kebutuhan, kelayakan model, dan
efektivitas model yang telah dikembangkan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan
sehat siswa sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah
teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Keefektifan modul interaktif PHBS yang
dikembangkan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat siswa sekolah dasar
dilakukan dengan menghitung nilai N-gain dan uji pairing t test pada hasil pre test dan pos test.
Hasil pengolahan data diperoleh nilai N-gain sebesar 0,37 (kriteria sedang) dan nilai
signifikansi sebesar 0.00 < 0.05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
sebelum dan sesudah menggunakan modul interaktif Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang
dikembangkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa modul pembelajaran yang efektif untuk
meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat siswa sekolah dasar adalah modul interaktif
yaitu sebuah media belajar yang ringkas dan praktis serta disusun secara sistematis dan
melibatkan peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran sebagai sebuah usaha
pengembangan sistem pendidikan untuk membantu peserta didik memahami materi secara
spesifik serta dilengkapi dengan unsur TPACK (Technological Pedagogical And Content
Knowledge) dalam penggunaannya.
Kata Kunci: Modul, Interaktif, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:43 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20615 |