Istapra, Eva and Sudarwan, Danim and Nina, Kurniah (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN JAMAK PADA ANAK USIA DINI (Studi pada Anak Kelompok B PAUD di Kabupaten Musi Rawas). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![DISERTASI [thumbnail of DISERTASI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DISERTASI STAD EVA ISTAPRA FIX 3 - Eva Istapra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Model Cooperative Learning
tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan kecerdasan
interpersonal, intrapersonal, dan linguistik pada anak kelompok B PAUD di
Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran
yang diawali dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) sampai
menemukan siklus yang tepat kemudian dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif
model quasi experiment menggunakan desain Two Group Pretest Posttest yakni
rancangan eksperimen yang dilakukan pada dua kelompok berbeda yang
mendapatkan latihan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah guru RA
Taqwa dan anak usia dini di RA Taqwa, RA Mal’ab dan TK Dharma Wanita.
Pengambilan data menggunakan lembar observasi tentang keterlaksanaan model
Cooperative Learning tipe STAD, kecerdasan interpersonal, kecerdasan
intrapersonal dan kecerdasan linguistic. Analisis data menggunakan uji prasyarat
dan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
Model Cooperative Learning tipe STAD mampu meningkatkan kecerdasan
intrapersonal, interapersonal, dan linguistik anak usia 5–6 tahun dari kriteria
Berkembang Sesuai Harapan menjadi kategori Berkembang Sangat Baik dan
Penerapan Cooperative Learning tipe STAD efektif meningkatkan kecerdasan
jamak anak usia 5–6 tahun dari kategori Berkembang Sesuai Harapan menjadi
kategori Berkembang Sangat Baik. Penerapan Model Cooperative Learning tipe
STAD sebagai alternatif model pembelajaran dapat diaplikasikan dalam proses
pembelajaran pada anak usia dini di Kabupaten Musi Rawas agar anak tidak bosan
dengan model pembelajaran yang sudah ada, sebaiknya materi yang diajarkan serta
kegiatan pembelajaran dipilih sehingga dapat meningkatkan berbagai kecerdasan
yang ada pada anak, serta mampu meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: Model Cooperative Learning, Student Team Achievement Division,
Interpersonal, Intrapersonal, Linguistik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 05:01 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 05:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20624 |