Rahman, Abdul and Sudarwan, Danim and Badeni, Badeni (2023) KERJASAMA ORANGTUA DAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK DIDIK (STUDI KASUS PADA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR`AN DI KELURAHAN JALAN BARU KECAMATAN CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Disertasi utuh untuk universitas - abdul rahman (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Kearifan lokal memuat nilai-nilai karakter yang berguna untuk pendidikan anak,
dalam menerapkannya diperlukan kerjasama antara orangtua dan pendidik.
Tujuan penelitian adalah: 1) menggali nilai-nilai karakter yang termuat dalam
kearifan lokal Prasanan dalam Adat Rejang; 2) mendeskripsikan bentuk
kerjasama tokoh-tokoh lokal memelihara dan menjalankan nilai-nilai kearifan
lokal dalam pendidikan karakter; 3) mendeskripsikan bentuk kegiatan sebagai
implementasi nilai-nilai karakter gotong royong pada lembaga pendidikan
nonformal. Desain penelitian mengunakan pendekatan kualitatif- case study,
Participatory Action Research (PAR). Lokasi penelitian berada di Kelurahan
Jalan Baru Kabupaten Rejang Lebong. Waktu penelitian bulan Februari sd
Oktober 2022. Subjek dan informan penelitian terdiri dari unsur orangtua, tokoh
masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, guru dan siswa. Informan dipilih melalui
teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara,
observasi, FGD dan dokumentasi. Data diolah dan dianalisis melalui tahapan
koleksi data-reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi
data. Temuan penelitian adalah: 1) tradisi Prasanan merupakan kearifan lokal
dalam Adat Rejang memuat karakter musyawarah, relegius dan gotong royong,
sampai saat ini masih dipelihara dan dipertahankan masyarakat yang tinggal di
wilayah Kabupaten Rejang Lebong; 2) nilai-nilai karakter yang ada pada
Prasanan telah digunakan masyarakat sebagai media pendidikan nonformal
untuk mengisi ruang kosong yang belum terjangkau melalui media pendidikan
formal; 3) kearifan lokal Prasanan sebagai contoh bahwa masyarakat memiliki
otoritas, kapasitas dan kapabilitas dalam menyelesaikan masalah yang mereka
hadapi; 4) nilai-nilai kearifan lokal pada Prasanan terbukti mampu menciptakan
keharmonisan, rasa tanggung jawab, dan rasa keadilan pada semua bidang
kehidupan masyarakat. Dari temuan penelitian disimpulkan bahwa jika nilai-
nilai kearifan lokal pada masyarakat setempat dipelihara dan dijalankan, maka
akan mampu mendatangkan kenyamanan dan keharmonisan dalam kehidupan
masyarakat setempat.
Kata Kunci: Kearifan Lokal, Prasanan, Karakter Musyawarah dan Gotong
Royong
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 05:01 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 07:15 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20625 |