PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU KECANDUAN SMARTPHONE SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Subawa, Yanda Dipa and Yessy, Elita and Afifatus, Sholihah (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU KECANDUAN SMARTPHONE SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI YANDA DIPA SUBAWA (A1L018053) - Yanda Dipa Subawa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya kecanduan smartphone pada siswa
SMPN 10 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh
layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mereduksi
perilaku kecanduan smartphone pada siswa kelas VIII A SMPN 10 Kota
Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen one group
pretest posttest design. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 6 orang siswa dengan tingkat
kecanduan smartphone yang tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode non tes berupa angket dengan model skala Likert. Teknik analisis data
penelitian menggunakan Uji (paired sample t-test). Hasil penelitian yang
diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh tingkat kecanduan
smartphone siswa setelah diberikannya treatment berupa konseling kelompok
menggunakan teknik self management. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian
hipotesis dengan hasil uji t 15.452. Artinya terdapat pengaruh terhadap tingkat
kecanduan smartphone sesudah diberikannya layanan konseling kelompok
menggunakan teknik self management untuk mereduksi perilaku kecanduan
smartphone siswa kelas VIII A SMPN 10 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Kecanduan smartphone, konseling kelompok, self management

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:03
Last Modified: 26 Aug 2024 08:03
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20644

Actions (login required)

View Item
View Item