KESANTUNAN BERBAHASA SISWA DALAM BERDISKUSI PADA KELAS X SMK NEGERI 01 KOTA BENGKULU

Jessy, Mayang Sari and Irma, Diani and Dian Eka Chandra, Wardhana (2024) KESANTUNAN BERBAHASA SISWA DALAM BERDISKUSI PADA KELAS X SMK NEGERI 01 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI JEMAY FIX[1] (1) - Jessy mayang Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan siswa menggunakan
tuturan dalam upaya menjaga kesantunan berbahasa selama berdiskusi dengan
merujuk pada strategi kesantunan dalam teori Brownd & Levinson. Metode
penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang didasari oleh fakta yang ada
dalam suatu fenomena, kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan teknik
observasi, teknik catat, dan rekaman. Data yang digunakan dalam penelitian ini
tuturan yang mengandung kesantunan dalam berdiskusi siswa dan guru. Jumlah
siswa terdiri 36 siswa serta sumber data dalam penelitian ini adalah hasil
remakaman berupa tuturan siswa pada saat berdiskusi. Adapun analisis data yang
di gunakan ialah transkripsi data, mengkode data, mengidentifikasi serta
klasifikasi data. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu, data
penelitian ini adalah tuturan yang megandung kesantunan siswa ketika berdiskusi.
Temuan peneltian mengenai kesantunan berbahasa dalam diskusi pada kelas x
SMK Negeri 1 Kota Bengkulu 69 tuturan kesantunan berbahsa siswa dan guru
bedasarkan strategi Brown and Levinson, pada strategi kesantunan positif 4 sub�strategi yang digunakan meliputi: berusaha melibatkan lawan tutur dan penutur
dalam kegiatan tertentu, apa yang sedang di butuhkan oleh mitra tutur, melibatkan
mitra tutur ke dalam aktivitas penutur. Strategi negatif hanya 1 sub-strategi yang
digunakan yaitu: menyatakan rasa kurang hormat. Strategi langsung digunakan
hanya 1 yaitu: penutur merasa menunjukkan rasa senang terhadap penutur.
Strategi tidak langsung yang digunakan 2 sub-strategi meliputi: memberi petunjuk
dan tanpa menyebutkan dan lawan tutur. Temuan penelitian ini di dasarkan
dengan teori Brownd & Levinson.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:32
Last Modified: 27 Aug 2024 02:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20669

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200