Wanuddin, Dede and Gumono, Gumono and Suryadi, Suryadi (2023) PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
070723_SKRIPSI_Dede Wanuddin - Dede Wanuddin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Metode cooperative integrated reading and composition memiliki kelebihan dapat
memotivasi siswa untuk menghasilkan lebih banyak ide dan gagasan kreatif yang
diperlukan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis teks persuasi.
Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode
cooperative integrated reading and composition terhadap kemampuan menulis
teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode pre-eksperimen, melihat
penerapan metode cooperative integrated reading and composition dalam
pembelajaran menulis teks persuasi terpadu membaca dan menulis dilaksanakan
dua kali pertemuan. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri
10 Kota Bengkulu dengan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yakni
atas dasar tujuan tertentu diambil siswa kelas VIII-A sebanyak 29 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan instrumen penelitian berupa
petunjuk dan rubrik penilaian hasil tes kemampuan menulis teks persuasi sebelum
pembelajaran dan setelah pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji
hipotesis dengan rumus uji paired t-test, sebelum dilakukan uji hipotesis tentunya
ada uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan rumus Shapiro-Wilk dan uji
homogenitas menggunakan rumus uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
pengaruh metode cooperative integrated reading and composition terhadap
kemampuan menulis teks persuasi. Hal ini dibuktikan dengan uji t, jika dilihat dari
sign (2-tailed) yaitu 0.000<0.05 maka Ho ditolak.
Kata kunci: metode, kemampuan menulis, teks persuasi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 02:31 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 02:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20676 |