Elfani, Intan Tri and Padi, Utomo and Agus, Trianto (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN PENDEKATAN PEDAGOGI GENRE PADA MATERI CERITA FANTASI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
INTAN TRI ELFANI_A1A019007_SKRIPSI S1 PBI - Intan Tri Elfani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia
dengan pendekatan pedagogi genre pada materi cerita fantasi, mengetahui kelayakan
media pembelajaran berbasis multimedia dengan pendekatan pedagogi genre pada
materi cerita fantasi, dan mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis
multimedia dengan pendekatan pedagogi genre pada materi cerita fantasi. Jenis
penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE:
Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation
(Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik analisis data yang digunakan ialah
analisis kualitatif dan analisis kuantitatif yang berupa data proses pengembangan media,
hasil validasi dari para validator, serta hasil dari penilaian siswa yang menghasilkan
data kepraktisan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran
berbasis multimedia perlu dikembangkan untuk penyempurnaan media yang sudah
pernah digunakan sebelumnya, desain produk dilakukan dengan merumuskan materi
pembelajaran, pembuatan flowchart hingga storyboard. Produk yang dikembangkan
telah memenuhi kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran berbasis
multimedia setelah dilakukannya implementasi. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh
skor sebesar 4 dengan kategori valid. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor
sebesar 4,6 dengan kategori sangat valid. Ketika produk diimplementasikan, siswa
memberikan respon yang positif sehingga hasil dari respon siswa terhadap media yang
dikembangkan mendapatkan presentase skor sebesar 85,3% atau dikategorikan sangat
praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia
dengan pendekatan pedagogi genre pada materi cerita fantasi layak digunakan dalam
pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Multimedia, Pedagogi Genre,
Cerita Fantasi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:12 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 03:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20689 |