DIGITALISASI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA MATERI TEKS ULASAN KELAS VIII SMP

Tania, Ise and Gumono, Gumono and Agus, Joko Purwadi (2023) DIGITALISASI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA MATERI TEKS ULASAN KELAS VIII SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
ISE TANIA_A1A01906_FKIP BAHASA INDONESIA_SKRIPSI - Ise Tania.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Research and
Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis
kebutuhan buku digital (e-book) Bahasa Indonesia materi teks ulasan kelas VIII
SMP, mengetahui pengembangan buku digital (e-book) Bahasa Indonesia materi
teks ulasan kelas VIII SMP, mengetahui Kelayakan buku digital (e-book) Bahasa
Indonesia materi teks ulasan kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian
dan pengembangan Research and Development atau R&D, dengan mengadaptasi
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara,
angket, dengan instrumen penelitiannya yaitu Lembar wawancara, Lembar
analisis kebutuhan, Lembar validasi ahli, Lembar uji kelayakan produk. Penelitian
dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dengan subjek penelitian yaitu 32
siswa kelas VIII untuk uji coba produk. Teknik analisis data pada penelitian yaitu
deskriptif kuantitatif. Adapun hasil dari penelitian yaitu; (1) analisis kebutuhan
menyatakan bahwa peserta didik membutuhkan buku elektronik sebagai bahan
ajar alternatif yang efektif dan efisien dalam penggunaanya sesuai dengan
kebutuhan peserta didik, (2) Pengembangan e-book melalui tahapan perancangan
komponen bahan ajar, membuat e-book pada aplikasi canva, melakukan validasi
oleh ahli media dan ahli materi hasil uji efektivitas penggunaan e-book oleh
peserta didik dalam kelompok kecil berjumlah 14 siswa memperoleh penilaian
sebesar 80,15% berada pada kategori baik, Hasil uji validasi produk yang
diperoleh dari validasi ahli pada e-book teks ulasan memperoleh persentase
keseluruhan dari aspek media sebesar 91,6%, dan aspek materi sebesar 91,1%
dengan kategori sangat layak, (3) Kelayakan penggunaan e-book oleh peserta
didik berjumlah 32 siswa memperoleh penilaian yang berada pada kategori sangat
layak atau sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 87,67%.
Kata Kunci: Pengembangan, model ADDIE, e-book, teks ulasan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:12
Last Modified: 27 Aug 2024 03:12
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20690

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200