Navalis, Rahmat Guntur and Didi, Yulistio and Arono, Arono (2023) KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lebong. - Guntur Navalis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lebong. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik tes menulis teks prosedur. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu statistik sederhana dengan menghitung rata-rata. Kemampuan
menulis teks prosedur ini dinilai dari lima aspek yaitu, aspek kesesuaian isi
dengan tema, aspek struktur, aspek diksi, aspek kalimat, dan aspek ejaan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI
SMA Negeri 1 Lebong memperoleh kategori baik dengan nilai rata-rata 73,35.
Hasil penelitian secara khusus bahwa aspek (1) isi termasuk dalam kategori sangat
baik dengan rata-rata 25,63, (2) aspek struktur termasuk dalam kategori sangat
baik dengan rata-rata 17,45, (3) aspek diksi termasuk dengan kategori baik dengan
rata-rata 9,77, (4) aspek penggunaan kalimat termasuk dalam kategori baik
dengan rata-rata 14,73, (5) aspek ejaan termasuk dalam kategori kurang dengan
rata-rata 5,75.
Kata kunci: kemampuan, menulis, teks prosedur
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:12 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 03:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20692 |