PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Jumiyati, Meli and Agus, Joko Purwadi and Padi, Utomo (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
MELI JUMIYATI_A1A019043_FKIP BAHASA INDONESIA_SKRIPSI_compressed (1) - Meli Jumiyati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis
cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini
adalah guru dan siswa, berdasarkan pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen di
kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji Validitas data
menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis cerpen pada siswa
kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bengkulu dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu
pendahuluan, inti dan penutup. Namun ada sebagian langkah-langkah
pembelajaran yang tidak tercermin pada Modul ajar, sedangkan untuk kegiatan
pendahuluan dan penutup sudah sesuai modul ajar. Pertama, kegiatan
pendahuluan, guru mengucapkan salam, menyapa siswa, menyiapkan peserta
didik secara fisik dan psikis, melakukan apersepsi dengan cara tanya jawab dan
menyampaikan tujuan pembelajaran. Kedua, Kegiatan inti pembelajaran, guru
mengajak siswa untuk memahami pengertian dan unsur-unsur pembangun teks
cerpen dan membuat kerangka cerpen, serta memproduksi teks cerpen. Ketiga
kegiatan penutup, guru menyimpulkan materi pembelajaran dengan melibatkan
siswa sehingga guru mengetahui pemahaman siswa selama proses pembelajaran.
Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru berpedoman pada
rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu modul ajar. Menurut wawancara,
pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning dan Project Based Learning, akan tetapi dalam proses pembelajaran
penerapan model pembelajaran tersebut tidak tercermin di modul ajar guru.
Penilaian yang dilakukan guru mencakup rubrik penilaian sikap, keterampilan dan
pengetahuan.
KATA KUNCI: Pelaksanaan pembelajaran, Menulis, Teks Cerpen

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:12
Last Modified: 27 Aug 2024 03:12
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20694

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200