Puspitasari, Mely and Ria, Ariesta and Agus, Joko Purwadi (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS TEKS PUISI DENGAN METODE SUGIMA (SUGESTI-IMAJINASI) PADA KELAS X SMAN 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mely Puspitasari_A1A019011_Skripsi-1 - Mely Puspitasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahu Perbedaan Hasil Belajar Siswa
dalam Menulis Teks Puisi dengan Metode Sugima (Sugesti-Imajinasi) pada Kelas
X Sman 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan
pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen sederhana (Posttest Only Control
Group Design). Penelitian ini memilih 2 kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas
eksperimen dengan diberikan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X IPA di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Sedangkan sampel dalam
penelitian ini menggunakan sampling purposive yang berjumlah 68 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes berupa posttest untuk mengukur kemampuan
menulis puisi dengan tema ayah. Aspek yang dinilai dalam penulisan puisi siswa
adalah ketepatan isi dengan judul, diksi, gaya bahasa, rima dan irama dan amanat.
Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan rumus Kolmogorov-Smirnov. Hasil
penelitian ini bahwa yang pertama penerapan pembelajaran dalam menulis puisi
dengan metode sugima (sugesti-imajinasi). kedua kemampuan menulis puisi siswa
tidak menggunakan metode sugima (sugesti-imajinasi) berkategori tinggi dengan
nilai rata-rata siswa 77,24. ketiga kemampuan menulis puisi siswa tidak
menggunakan metode sugima (sugesti-imajinasi) berkategori tinggi dengan nilai
rata-rata siswa 82,53. keempat terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi siswa
berdasarkan hasil uji-t dari pengujian hipotesis tersebut maka diperoleh nilai thitung
(6.036) > ttabel (2.0345) yang berada pada daerah penolakan H0. Terdapat adanya
perbedaan dalam menulis puisi menggunakan metode sugima (sugesti-imajinasi)
dengan menulis puisi tidak menggunakan metode sugima (sugesti-imajinasi).
Kata Kunci: hasil menulis, puisi, sugima (sugesti-imajinasi)
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:12 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 03:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20695 |