Nengsih, Epi Suci and Herman, Lusa and Neza, Agusdianita (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
Perpustakaan Unib_Epi Suci Nengsih - Epi suci nengsih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem based
learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 9 Kota
Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 9
Kota Bengkulu dengan sampel berjumlah 55 siswa yaitu kelas V A sebagai kelas
eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel
mengunakan teknik cluster random sampling. Instrument penelitian berupa tes
hasil belajar berbentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan
postest. Hasil penelitian dianalisis mengunakan analisis deskriptif dan analisis
inferensial mengunakan uji-t. Rata-rata nilai postest pada kelas eksperimen
adalah 78,11 dan rata-rata nilai kelas kontrol adalah 64,00. Berdasarkan hasil uji
hipotesis mengunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 3,42 dan ttabel sebesar 2,00
dengan taraf 5% berarti H0 ditolak dan Ha Diterima. Karena thitung > ttabel maka
disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 9 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Problem Based learning, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:49 |
| Last Modified: | 27 Aug 2024 03:49 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20702 |

