Jelita, Shera and Agus, Trianto and Rio, Kurniawan (2023) PROSES PEMBELAJARAN IDENTIFIKASI STRUKTUR TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN PADA SISWA SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI BEBAS PERPUS_Shera Jelita (A1A019034) - Shera Jelita.pdf [thumbnail of SKRIPSI BEBAS PERPUS_Shera Jelita (A1A019034) - Shera Jelita.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI BEBAS PERPUS_Shera Jelita (A1A019034) - Shera Jelita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana proses
pembelajaran struktur teks biografi menggunakan metode peta pikiran pada siswa
kelas X IPS C SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. (2) bagaimana identifikasi struktur
teks biografi dengan menggunakan metode peta pikiran pada siswa kelas X IPS C
SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan
rekaman video. Langkah-langkah yang dilakukan dalam menganalisis data adalah
transkripsi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi. Temuan dari penelitian ini adalah tidak sesuai dengan sintaks pada
proses pembelajaran dengan menggunakan metode peta pikiran yang digunakan,
dapat dilihat berdasarkan keseluruhan lembar pengamatan guru dan tabel
pemahaman siswa, melalui proses pembelajaran metode peta pikiran yang
digunakan dan diterapkan oleh guru terlihat masih belum maksimal. Karena
metode peta pikiran yang masih cukup sulit untuk dipahami siswa, penggunaan
metode yang kurang menarik dan kurang inovatif mengakibatkan rendahnya
minat siswa dalam mengamati proses pelaksanaan pembelajaran dikelas. Hasil
dari pemahaman siswa dalam mengidentifikasi struktur teks biografi, hanya
62,86% sama dengan 22 siswa yang dapat memahami bagian peristiwa dan
masalah yang merupakan inti dalam sebuah struktur teks biografi dan terdapat
37,14% sama dengan 13 siswa yang tidak memahami struktur teks biografi secara
keseluruhan.
Kata kunci : Proses Pembelajaran, Identifikasi, Struktur Teks Biografi, Metode
Peta Pikiran
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:50 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 03:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20706 |