Ikhsan, Wahyudi and Lizar, Alfansi and Muhartini, Salim (2023) PERILAKU ONLINE GAME ADDICTION DALAM LOYALITAS PADA STUDI KASUS GAME EFOOTBALL MOBILE DI INDONESIA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
Skripsi Ikhsan Wahyudi C1B019052[1] - Ikhsan Wahyudi_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Pada era globalisasi saat ini, kemajuan teknologi berkembang sangat pesat
salah satunya perkembangan di bidang internet. Kemajuan teknologi informasi,
khususnya internet, telah mengubah gaya hidup konsumen. Cara bersosialisasi,
bekerja, berbelanja, dan mengumpulkan informasi produk dipengaruhi oleh
kemajuan internet yang sangat luar biasa (Alfansi, 2016). Hampir semua orang
memanfaatkan internet baik untuk berkomunikasi, akses informasi, maupun untuk
hiburan seperti bermain game online. Game online adalah game berbasis elektronik
dan visual yang dapat dimainkan dengan akses internet sehingga memungkinkan
untuk dapat bermain dengan teman maupun orang lain yang berada di belahan bumi
lainnya dalam waktu yang bersamaan (Ho & Lu, 2012),
Pertumbuhan dramatis jaringan serta perangkat seluler telah mengubah
kehidupan sehari-hari di seluruh dunia. Smartphone dan tablet adalah salah satu
contoh perangkat seluler yang kini tersedia untuk membantu pengguna dalam
berbagai tugas dan aktivitas serta telah mendorong meningkatnya permintaan pada
game yang dioperasikan ke perangkat seluler (Hsiao & Chen, 2016). Menurut riset
Newzoo, jumlah perangkat game mengalami peningkatan dari tahun ke tahun,
dengan game mobile dengan pendapatan $77,2 miliar di peringkat pertama dengan
tingkat pertumbuhan 48%, game smartphone $63,6 miliar di posisi kedua dengan
pertumbuhan 40%, game console $45,2 miliar dan PC $36,6 miliar dengan
pertumbuhan 28% dan 23% (Newzoo.com, 2021).
Game Efootball Mobile merupakan versi yang dirancang khusus untuk
perangkat game mobile seperti smartphone dan tablet. Game ini memiliki fitur-fitur
yang mirip dengan versi PC ataupun konsol game, namun dengan pengalaman
bermain yang lebih mudah dan nyaman di perangkat mobile. Tujuan penelitian ini
yaitu: 1) Menguji dan menganalisis pengaruh flow experience terhadap online game
addiction dalam bermain game eFootball di Indonesia 2) Menguji dan menganalisis
pengaruh online social interaction terhadap online game addiction dalam bermain
game eFootball di Indonesia 3) Menguji dan menganalisis pengaruh perceived
enjoyment terhadap online game addiction dalam bermain game eFootball di
x
Indonesia 4) Menguji dan menganalisis pengaruh flow experience terhadap mobile
game loyalty dalam bermain game eFootball di Indonesia 5) Menguji dan
menganalisis pengaruh perceived enjoyment terhadap mobile game loyalty dalam
bermain game eFootball di Indonesia 6) Menguji dan menganalisis pengaruh online
game addiction terhadap mobile game loyalty dalam bermain game eFootball di
Indonesia
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data
primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online dengan menggunakan
google form. Teknik non-probability sampling digunakan dalam penelitian ini
adalah purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Jumlah sampel
dalam penelitian ini adalah 300 responden yang bermain game eFootball di
Indonesia. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan metode Structural
Equation Modeling (SEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Flow Experience dapat secara positif
dan signifikan mempengaruhi Online Game Addiction dengan nilai p-value sebesar
0.000 (<0,50). 2) Online Social Interaction dapat secara positif dan signifikan
mempengaruhi Online Game Addiction dengan nilai p-value sebesar 0.000c(<0,50).
3) Perceived Enjoymenr dapat secara positif dan signifikan mempengaruhi Online
Game Addiction dengan nilai p-value sebesar 0.000 (<0,50). 4) Flow Experience
dapat secara positif dan signifikan mempengaruhi Mobile Game Loyalty dengan
nilai p-value sebesar 0.009 (<0,50). 5) Perceived Enjoyment dapat secara negatif
dan tidak signifikan mempengaruhi Mobile Game Loyalty dengan nilai p-value
sebesar 0.420 (>0,50). 6) Online Game Addiction dapat secara positif dan signifikan
mempengaruhi Mobile Game Loyalty dengan nilai p-value sebesar 0.000 (<0,50).
Industri game online merupakan bisnis multi-miliar dolar yang tergantung
pada pemain yang loyal. Memahami peran serta hubungan antara perilaku
kecanduan dan loyalitas pemain dapat membantu pengembang game dan juga
perusahaan game dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam
mempertahankan pemain mereka dan juga tetap memperhatikan kesejahteraan para
pemainnya
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
| Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:32 |
| Last Modified: | 29 Aug 2024 02:32 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20851 |

