Zulinto, Ahmad and Syukri, Hamzah and I Wayan, Dharmayana (2025) EVALUASI PROGRAM SEKOLAH FILIAL PADA LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I PALEMBANG. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
AHMAD ZULINTO BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Tri Novi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model konseptual penyelenggaraan
program sekolah filial pada lembaga pembinaan khusus anak kelas I Palembang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif
dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,
angket, dan dokumentasi. Subjek sumber data penelitian berjumlah 125 orang,
terdiri dari guru pamong, guru pendamping, pihak dari Dinas Pendidikan, petugas
lapas, dan siswa yang mengikuti program. Teknik analisis data kuantitatif
dilakukan melalui distribusi frekuensi dan persentase. Analisis data kualitatif
melalui data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menemukan: 1) Evaluasi konteks menunjukkan bahwa
program sekolah filial di LPKA kelas I Palembang telah dibangun dengan baik
dan didasarkan pada kebutuhan pendidikan layanan khusus anak-anak; 2) Input
program menunjukkan keberagaman sumber daya dan materi pendukung yang
telah disediakan untuk program sekolah filial, termasuk kurikulum yang
disesuaikan dengan kebutuhan peserta, metode pengajaran yang inklusif, dan
sumber belajar yang relevan; 3) Evaluasi proses menunjukkan pelaksanaan
program sekolah filial di LPKA kelas I Palembang dilakukan dengan baik oleh
staf dan pihak terkait sesuai dengan rencana awal dan prosedur yang telah
ditetapkan; 4) Hasil produk menunjukkan program ini berhasil meningkatkan
prestasi akademik, mengembangkan keterampilan sosial dan emosional, serta
memperbaiki kondisi fisik peserta; 5) Model program sekolah filial yang
efektif di LPKA Palembang mencakup peningkatan kualitas pendidikan dan
pemanfaatan efisien sumber daya yang ada. Tujuan utamanya adalah
meningkatkan prestasi akademik anak-anak di LPKA Palembang. Pihak LPKA
dan Dinas Pendidikan dapat mempertimbangkan untuk mengintegrasikan
pengukuran dan evaluasi yang lebih khusus terkait keterampilan vokasi ke
dalam sistem pengawasan program.
Kata Kunci: evaluasi program, sekolah filial, LPKA kelas I
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:11 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20922 |