Iswara, Natia and Connie, Connie and Andik, Purwanto (2023) PENGARUH PENERA PAN E -MODUL DENGAN P E N D E K A T A N S T E M ( S c i e n c e , T e c h n o l o g y , E n g i ne e ri n g, d a n M at he m a t ic s) TER HA DA P HASIL BELAJAR SISWA DI SMA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NATIA ISWARA_SKRIPSI_P.FISIKA_UNIB - Natia Iswara.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh e-modul fisika dengan
pendekatan STEM setelah diberi perlakuan terhadap hasil belajar siswa pada
materi gelombang bunyi, 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul
fisika pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini menggunakan rancangan
penelitian pre-experimental design dengan bentuk penelitian adalah one grup
pretest-postest. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis didapat bahwa t hitung >
t tabel nilai 22,32 > 1,68 dengan df = 35 pada taraf signifikansi 5% yang dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest.
Berdasarkan analisis data respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan bahan ajar e modul berbasis STEM pada materi gelombang bunyi
yaitu 80, 69% yang menunjukan bahwa siswa memberi respon positif.
Berdasarkan hasil analisis data uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunakan bahan ajar berupa e modul berbasis STEM terhadap hasil belajar
siswa pada materi Gelombang Bunyi. Berdasarkan hasil analisis data respon siswa
setelah mengikuti pembelajran dengan menggunakan e modul berbasis STEM
dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan respon positif mengikuti proses
pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berupa e modul berbasis STEM
pada materi gelombang bunyi di SMA N 4 Kota Bengkulu.
Kata kunci: E Modul, STEM, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 09:36 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 09:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20971 |