PENGARUH PENERA PAN E -MODUL DENGAN P E N D E K A T A N S T E M ( S c i e n c e , T e c h n o l o g y , E n g i ne e ri n g, d a n M at he m a t ic s) TER HA DA P HASIL BELAJAR SISWA DI SMA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Iswara, Natia and Connie, Connie and Andik, Purwanto (2023) PENGARUH PENERA PAN E -MODUL DENGAN P E N D E K A T A N S T E M ( S c i e n c e , T e c h n o l o g y , E n g i ne e ri n g, d a n M at he m a t ic s) TER HA DA P HASIL BELAJAR SISWA DI SMA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
NATIA ISWARA_SKRIPSI_P.FISIKA_UNIB - Natia Iswara.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh e-modul fisika dengan
pendekatan STEM setelah diberi perlakuan terhadap hasil belajar siswa pada
materi gelombang bunyi, 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul
fisika pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini menggunakan rancangan
penelitian pre-experimental design dengan bentuk penelitian adalah one grup
pretest-postest. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis didapat bahwa t hitung >
t tabel nilai 22,32 > 1,68 dengan df = 35 pada taraf signifikansi 5% yang dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest.
Berdasarkan analisis data respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan bahan ajar e modul berbasis STEM pada materi gelombang bunyi
yaitu 80, 69% yang menunjukan bahwa siswa memberi respon positif.
Berdasarkan hasil analisis data uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunakan bahan ajar berupa e modul berbasis STEM terhadap hasil belajar
siswa pada materi Gelombang Bunyi. Berdasarkan hasil analisis data respon siswa
setelah mengikuti pembelajran dengan menggunakan e modul berbasis STEM
dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan respon positif mengikuti proses
pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berupa e modul berbasis STEM
pada materi gelombang bunyi di SMA N 4 Kota Bengkulu.
Kata kunci: E Modul, STEM, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 30 Aug 2024 09:36
Last Modified: 30 Aug 2024 09:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20971

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini