PENGARUH PENERA PAN E -MODUL DENGAN P E N D E K A T A N S T E M ( S c i e n c e , T e c h n o l o g y , E n g i ne e ri n g, d a n M at he m a t ic s) TER HA DA P HASIL BELAJAR SISWA DI SMA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Iswara, Natia and Connie, Connie and Andik, Purwanto (2023) PENGARUH PENERA PAN E -MODUL DENGAN P E N D E K A T A N S T E M ( S c i e n c e , T e c h n o l o g y , E n g i ne e ri n g, d a n M at he m a t ic s) TER HA DA P HASIL BELAJAR SISWA DI SMA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
NATIA ISWARA_SKRIPSI_P.FISIKA_UNIB - Natia Iswara.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh e-modul fisika dengan
pendekatan STEM setelah diberi perlakuan terhadap hasil belajar siswa pada
materi gelombang bunyi, 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul
fisika pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini menggunakan rancangan
penelitian pre-experimental design dengan bentuk penelitian adalah one grup
pretest-postest. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis didapat bahwa t hitung >
t tabel nilai 22,32 > 1,68 dengan df = 35 pada taraf signifikansi 5% yang dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest.
Berdasarkan analisis data respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan bahan ajar e modul berbasis STEM pada materi gelombang bunyi
yaitu 80, 69% yang menunjukan bahwa siswa memberi respon positif.
Berdasarkan hasil analisis data uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunakan bahan ajar berupa e modul berbasis STEM terhadap hasil belajar
siswa pada materi Gelombang Bunyi. Berdasarkan hasil analisis data respon siswa
setelah mengikuti pembelajran dengan menggunakan e modul berbasis STEM
dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan respon positif mengikuti proses
pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berupa e modul berbasis STEM
pada materi gelombang bunyi di SMA N 4 Kota Bengkulu.
Kata kunci: E Modul, STEM, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 30 Aug 2024 09:36
Last Modified: 30 Aug 2024 09:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20971

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200