PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2005/2006

Subekti, Susilo and Ariesta, Ria and Purwadi, Agus Joko (2006) PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2005/2006. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of IV,V-SUS-FKIP.pdf] Text
IV,V-SUS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[thumbnail of I,II,III-SUS-FKIP.pdf] Text
I,II,III-SUS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengelolaan kelas
dalam pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas X c SMA negeri 2 Kota
Bengkulu, semester 1, tahun ajaran 2005/2006. Metode dalam Penelitian ini adalah
metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui teknik rekaman,
observasi, dan foto. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa dan Sastra
Indonesia yang mengajar di kelas X c SMA negeri 2 Kota Bengkulu. Berdasarkan
hasil penelitian dan Pembahasan diketahui bahwa, pelaksanaan pengelolaan kelas
pada komponen penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal sudah
dilaksanakan oleh guru. Ada dua kegiatan yang tidak dilaksanakan oleh guru yaitu,
guru tidak pernah memberikan informasi tentang tujuan yang hendak dicapai dari
materi yang akan diajarkannya, dan guru tidak pernah mengontrol catatan-catatan
siswa. Pada komponen pemeliharaan kondisi belajar yang optimal, pada aspek
kegiatan modifikasi tingkah laku serta menemukan dan memecahkan tingkah laku
yang menimbulkan masalah, sudah dilaksanakan oleh guru. Selanjutnya, pada aspek
kegiatan pengelolaan kelompok, guru tidak melaksanakan bimbingan belajar
kelompok atau berdiskusi dalam kelompok kecil pada siswa. Selain itu, guru juga
tidak melaksanakan bimbingan diskusi menganalisis pandangan siswa, membimbing
diskusi memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif, dan
membimbing diskusi yang akhirnya hasil diskusi dapat disimpulkan. Dalam hal ini,
guru hanya melaksanakan kegiatan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan,
dan mengoptimalkan keterlibatan siswa dalam proses belajar-mengajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 28 Nov 2013 11:17
Last Modified: 28 Nov 2013 11:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2100

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200