Lara, Sintiya Dewi and Nila, Aprila and Sriwirdharmanelly, Sriwirdharmanelly (2024) PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, KEWAJIBAN MORAL DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK HOTEL DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Lara Sintiya Dewi C1C018122 - Lara Sintiya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Pajak merupakan suat alat yang dimiliki pemerintah dalam mencapai suat
tujuan yaitu mendapatkan penerimaan, baik bersifat langsung ataupun bersifat
tidak langsung. Semakin besar pendapatan pajak yang diterima maka semakin
besar juga sumber pendanaan negara dari masyarakat yang di mana untuk
membiayai pengeluaran rutin serta pembangunan, keseimbangan, dan pemerataan
ekonomi masyarakat. Namun realisasi penerimaan pajak masih belum mencapai
target. Hal ini disebabkan oleh rendahnya atau kurangnya kepatuhan masyarakat
dalam menjalankan kewajibannya yaitu membayar pajak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepatuhan pajak, kualitas
pelayanan, kewajiban moral dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib
pajak hotel di Kota Bengkulu. Teori yang digunakan adalah TPB (Theory of
Planned Behavior) yang di mana teori ini menjelaskan ada 3 sikap dan alasan
wajib pajak dalam kepatuhan pajaknya yaitu behavorial belief, normatif belief
dan control belief. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan
menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada
bagian manajer hotel, atau pemilik hotel, atau bagian keuangan hotel atau bagian
perpajakan hotel di hotel kota Bengkulu. Pengambilan sampel menggunakan
teknik porposive sampling dengan jumlah narasumber sebanyak 76 narasumber.
Data analisis yang digunakan yaitu SPSS Statistic versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan pajak berpengaruh
positif terhadap kepatuhan pajak hotel, kualitas pelayanan tidak berpengaruh
terhadap kepatuhan wajib pajak, kewajiban moral berpengaruh terhadap
kepatuhan pajak dan sanksi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan
wajib pajak
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Accounting |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 14:49 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 14:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21027 |