Silvia, Chayanti and Izzudin, Izzudin and Armelly, Armelly (2024) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN SISTEM PENYEDIAN AIR MINUM (SPAM) PADA UNIT KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Tesis Silvia Chayanti - ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penyediaan air minum merupakan salah satu kebutuhan dasar dan hak sosial ekonomi
masyarakat yang harus dipenuhi oleh Pemerintah, baik itu Pemerintah Daerah
maupun Pemerintah Pusat. Ketersediaan air minum merupakan salah satu penentu
peningkatan kesejahteraan masyarakat, yang mana diharapkan dengan ketersediaan
air minum dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan dapat mendorong
peningkatan produktivitas masyarakat, sehingga dapat terjadi peningkatan
pertumbuhan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, penyediaan sarana dan prasaran
air minum menjadi salah satu kunci dalam pengembangan ekonomi wilayah. Hal ini
sejalan dengan tujuan dari Sustainable Development Goals, dimana target tahun 2030
bidang air minum adalah mencapai akses universal dan merata terhadap air minum
yang aman dan terjangkau bagi semua. Sumber air yang digunakan oleh Perusahaan
Umum Daerah Air Minum Tirta Rafflesia berasal dari Air Susup Datar Lebar
Kecamatan Taba Penanjung, Air Susup Limpasan PLTA Musi di Kecamatan Merigi
Sakti dan Air Susup jalur kiri di Kecamatan Pematang Tiga.Dimana kondisi pada saat
ini Perusahaan Air Minum Tirta Rafflesia telah memiliki 4.991 pelanggan, yang
terdiri dari 4.621 unit SR domestik Rumah Tangga, 8 unit hidran umum dan 362
pelanggan non domestik. Dari total tersebut, jumlah pelanggan aktif yaitu sebesar
4.281 SR sedangkan terdapat 710 SR yang tidak aktif. Dengan jumlah pelanggan
tersebut cakupan pelayanan Perusahaan Air Minum Tirta Rafflesia Kabupaten
Bengkulu Tengah baru mencapai 17.271 jiwa atau 14,80 %. Kebutuhan air di
Kabupaten Bengkulu Tengah terus meningkat hal ini di pengaruhi oleh peningkatan
jumlah penduduk setiap tahunnya. Adapun rata-rata peningkatan jumlah penduduk
sebesar 1.67% dan peningkatan kebutuhan air sebesar 1.73%. Namun tidak diimbangi
oleh peningkatan kapasitas produksi air. Dapat dilihat pada tahun 2019 kapasitas
produksi tidak mengalami peningkatan, terjadi peningkatan kapasitas produksi pada
tahun 2020 namun stagnan sampai dengan tahun 2022 tidak terdapat peningkatan
produksi air. Peningkatan produksi air pada tahun 2020 berasal dari optimalisasi
intake yaitu peningkatan kapasitas instalasi pengelohan air Datar lebar untuk
meningkatkan produksi dan menggantikan produksi IPA Karang Tinggi dan Taba
Teret. Ini menunjukkan belum optimalnya kapasitas produksi air oleh SPAM yang
ada di Kabupaten Bengkulu Tengah. Tidak optimalnya peningkatan kapasitas
ix
produksi air juga dipengaruhi oleh ketersediaan SPAM yang ada di Kabupaten
Bengkulu Tengah. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis Persepsi Masyarakat
terhadap Pelayanan SPAM pada Unit Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten
Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dan
sampel pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan SPAM Perusahaan Umum
Daerah Tirta Raflesia Kabupaten Bengkulu Tengah di Kecamatan Pondok Kelapa
sebanyak 1.582 KK dengan sampel 158 KK yang diambil dengan sistematis random
sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi masyarakat Pelayanan
SPAM berada pada katagori cukup baik. Pada kuantitas pelayanan katagori cukup
baik dikarenakan masih adanya keluhan masyarakat bahwa air yang diterimanya
belum memenuhi kebutuhannya sehari hari atau masih kurang, air yang mengalir
kerumahnya kecil sehingga lama untuk memperoleh jumlah air yang dibutuhkan.
Kemudian pada kualitas katagori baik dikarenakan air yang mengalir ke rumah
masyarakat sudah jernih, tidak berbau dan tidak berasa. Saran kepada Perusahaan
Umum Daerah Tirta Raflesia Kabupaten Bengkulu Tengah untuk dapat
memperhatikan dan cepat mengatasi keluhan pelanggan akan kuantitas pelayanan
SPAM karena air yang diterimanya belum memenuhi kebutuhannya sehari hari atau
masih kurang, air yang mengalir kerumahnya kecil, sehingga lama untuk memperoleh
jumlah air yang dibutuhkan, agar dapat meningkatkan pelayanan SPAM dan pada
akhirnya berdampak pada kepuasan masyarakat pada pelayanan yang diberikan oleh
Perusahaan Umum Daerah Tirta Raflesia Kabupaten Bengkulu Tengah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Development Planning Program |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:17 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21031 |