Nelliy, Nelliy and Purmini, Purmini and Armelly, Armelly (2024) ANALISIS PENGEMBANGAN UMKM YANG BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KABUPATEN SELUMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Tesis Nelliy - ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Ekonomi kreatif diyakini dapat menjadi terobosan baru bagi bangsa Indonesia
dalam menghadapi permasalahan pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja, yang
sekaligus merupakan langkah alternatif dari tantangan ekonomi global yang
mengarah pada transformasi ekonomi saat ini. PDB industri kreatif di Indonesia
menduduki peringkat kedelapan dari sepuluh industri yang berkontribusi terhadap
PDB nasional yaitu 6,28 dan nilainya 104,6 triliunan rupiah. Namun, setelah 2010
kontribusi ekonomi terhadap PDB Kreativitas terus tumbuh. Serapan tenaga kerja
di ekonomi kreatif adalah 10-11% setiap tahunnya dan jumlah pekerjanya sekitar
11-12 juta orang. Pangsa industri kreatif dalam ekspor nasional juga 5-6% per
tahun. Laju pertumbuhan ekonomi kreatif cenderung meningkat dari tahun ke
tahun. Pengembangkan UMKM dan ekonomi kreatif di kabupaten Seluma
diperlukan program yang terarah
Data yang dipergunakan adalah data primer, dengan metode purposive sampling
dengan jumlah sebanyak 35 responden data di analisis menggunakan metode
Analisis Skala Likert. Responden yang di analisa sebanyak 35 responden yang
terdiri dari 28 orang Laki-laki atau 74% dari total responden dan 7 perempuan
atau 26% dari total responden. 5 orang berusia di dibawah 30 tahun atau 15% dari
total responden dan 35 di atas 50 tahun atau 36% dari total responden. 5 orang
berpendidikan SD atau 7%, berpendidikan SLTP 7 responden atau 10%,
Responden berpendidikan SLTA sebayak 25 orang atau 36% dan Responden
berpendidikan perguruan tinggi sebanyak 33 responden atau 47%. Analisis
mengukur persepsi responden dari 4 (empat) Indikator UMKM dan 3 ( tiga)
indikator ekonomi kreatif. Hasil penelitian Variabel UMKM rata-rata 4,00 “
“Baik ” Indikator Penciptaan Iklim Usaha rata-rata 4,27 “Sangat Baik” Indikator
Pembuatan Informasi terpadu rata-rata 4,00 “ Baik ” dan Indikator Pendirian Pusat
Konsultasi rata-rata 4,4 Sangat Baik”, Indikator Pembuatan Sistem Pemasaran
Bersama rata-rata 3,8 “ baik “. Variabel Ekonomi Kreatif rata-rata 4,00 “baik” ,
Tenaga kerja rata-rata”4.00” Baik”, Pendidikan dan Pelatihan rata-rata 4.00
“Baik” Penggunaan Teknologi rata-rata 4,00 “Baik”
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Development Planning Program |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:17 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21032 |