MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK NURUL KAMAL KECAMATAN SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG

Zulaika, Siti and Indrawati, Indrawati and Delrefi, Delrefi (2023) MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK NURUL KAMAL KECAMATAN SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SITI ZULAIKA RPL (A1I021096) - Siti Zulaika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode eksperimen
dapat meningkatkan kreativitas anak. Subjek dalam penelitian ini adalah anak
usia 5-6 tahun di kelas B3 TK Nurul Kamal kabupaten Rejang Lebong, berjumlah
17 orang anak terdiri atas 7 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) yang dilakukan dalam 2
siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari
empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik
pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari prasiklus, siklus 1 dan
siklus 2. Pada prasiklus 49%, siklus I 72% siklus II mencapai 85%. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan
kreativitas anak. Disarankan kepada guru dapat memberikan stimulasi yang lebih
baik untuk meningkatkan kreativitas anak.
Kata Kunci : Kreativitas, Metode Eksperimen, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:18
Last Modified: 03 Sep 2024 02:18
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21050

Actions (login required)

View Item
View Item