Venty, HS Manujung and Willy, Abdillah and Berto, Usman (2024) ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI OSS RBA PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS__VENTY_HS_MANUJUNG - venty manujung.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Pada 9 Oktober 2021, Kementerian Investasi /Badan Koordinasi
Penanaman Modal (BKPM) resmi meluncurkan Online Single Submission
(OSS) Berbasis Risiko atau OSS Risk Based Approach (RBA). OSS Berbasis
Risiko wajib digunakan oleh pelaku usaha sebelum memulai kegiatan usaha di
Indonesia. Tujuan diintegrasikannya perizinan ke dalam aplikasi sistem OSS RBA
merupakan upaya untuk mempermudah pengurusan perizinan berusaha, karena
dengan sistem OSS ini pengguna dapat melakukan pengurusan izin berusaha
secara mandiri, mulai dari registrasi, penginputan data, mengupload dokumen
serta mencetak dokumen perizinan di manapun dan kapanpun tanpa harus datang
ke Kantor DPMPSTP, membawa hardcopy, menunggu antri, dan lain sebagainya
seperti sebelum adanya aplikasi sistem OSS.
DeLone and Mclean (1992) mengembangkan suatu model sederhana yang
disebut dengan model kesuksesan sistem informasi DeLone and Mclean (D & M
Success Model). Model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean ini,
dikelompokkan ke dalam enam kategori utama, yaitu: (i) Kualitas sistem (system
quality), berkaitan dengan evaluasi sistem pengolahan informasi itu sendiri; (ii)
Kualitas informasi (information quality), berkaitan dengan output sistem
informasi; (iii) Penggunaan (use), berkaitan dengan penggunaan sistem informasi;
(iv) Kepuasan pengguna (user satisfaction), berkaitan dengan responpenerima
terhadap penggunaan output sistem informasi; (v) Dampak individual (individual
impact), merupakan dampak informasi terhadap perilaku penerima; (vi). Dampak
organisasi (organizational impact), merupakan dampak sistem informasi terhadap
kinerja organisasi(DeLone& McLean, 1992). Penelitian ini merujuk pada model
DeLone dan McLean yang telah digunakan dalam penelitian Abdillah & Usman
(2020) yaitu ditujukan untukmengukur secara empiris dan menentukan pengaruh
kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan terhadap intensitas
penggunaan dan kepuasan pengguna, pengaruh intensitas penggunanan dan
kepuasan pengguna terhadap net benefit penggunaan aplikasi OSS RBA di
DPMPTSP Bengkulu
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Metode
pengumpulan data menggunakan data primer dengan cara menyebarkan quesioner
kepada responden. Populasi penelitian ini masyarakat pengguna layanan OSS
xi
xii
RBA (investor) melalui DPMPTSP Bengkulu periode 2020-2021 sebanyak 1.542
pengguna. Kuesioner ini terdiri atas 62 item pertanyaan, sampel penelitian 310.
Model dianalisis dengan pemodelan persamaan struktural (Structural Equation
Modelling) berbasis komponen atau varian (component based) yang populer
dengan Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem dan kualitas layanan
berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Variabel kualitas informasi tidak
berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Variabel kualitas informasi, kualitas
sistem, kualitas layanan berpengaruh positif terhadap intensitas penggunaan,
sedangkan variabel intensitas penggunaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan
pengguna. Variabel intensitas penggunaan dan kepuasan pengguna berpengaruh
terhadap net benefit.
Kesimpulan penelitian ini adalah dari sembilan hipotesis, tujuh hipotesis
diterima dan dua hipotesis dinyatakan ditolak. Saran yang dapat diberikan Untuk
peneliti selanjutnya, karena variabel-variabel yang diteliti dalam penelitian ini
memiliki koefisien determinasi yang kecil yaitu sebesar 28,5% pengaruh terhadap
intensitas penggunaan 29,3% besar pengaruh terhadap kepuasan pengguna 29,7%
pengaruh terhadap net benefit, maka kedepannya perlu untuk dilakukan penelitian
selanjutnya dengan memasukkan variabel-variabel lain yang yang tidak diteliti
dalam penelitian ini. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai jembatan untuk melakukan penelitian lanjutan khususnya di
bidang kajian yang sama sebaiknya memperluas variabel penelitian yang
digunakan sehingga menghasilkan penelitian yang lebih akurat.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Management Program |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:45 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21054 |