PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B DI RA BAITURRAHMAN PKDP ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA

Suryani, Irma and Fitri, April Yanti and Delrefi, Delrefi (2023) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B DI RA BAITURRAHMAN PKDP ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI IRMA SURYANI (A1I019011) PG PAUD_compressed (1) - Irma Suryani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi
dalam pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di
RA Baiturrahman PKDP Argamakmur Bengkulu Utara. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan metode nonequivalent control group design. Sampel
penelitian yaitu anak kelompok B yang terdiri dari kelompok B2 sebanyak 18
anak dan B3 sebanyak 19 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling yang dipilih berdasarkan jumlah anak. Teknik pengumpulan
data yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 19 pertanyaan dan teknik analisis
data yang digunakan adalah uji prasyarat dan uji independent sample t-test. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi yang diterapkan pada kelas
eksperimen dapat mempengaruhi hasil perkembangan kognitif anak. Hal ini
terbukti dari data pretest di kelas eksperimen mendapatkan hasil 31,84, kelas
kontrol 30.94 dan mengalami perubahan rata-rata posttest kelas eksperimen
mendapatkan hasil 74,63 dan kelas kontrol 70,22. Kemudian pada hasil uji
independent sample t-test yang menyatakan bahwa nilai Sig (2-tailed) senilai 0,00
< 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi dalam
pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak. Disarankan melalukan
pengujian metode demonstrasi dengan variable terikat lain seperti kemampuan
berpikir simbolik pada anak.
Kata kunci: Metode Demonstrasi, Pembelajaran Sains, Perkembangan Kognitif
Anak.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:45
Last Modified: 03 Sep 2024 02:45
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21058

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor