Yanti, Selvi and Indrawati, Indrawati and Wembrayarli, Wembrayarli (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI BERMAIN PUZZLE DI KELOMPOK A TK AISYIYAH XI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI LENGKAP AYUK SELVI dealll - Fitri Junia ningsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan apakah melalui puzzle
dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak
kelompok A. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah
XI Kota Bengkulu yang berjumlah 12 orang anak, terdiri atas 7 laki-laki dan 5
perempuan.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action
Research) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali
pertemuan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pegamatan dan refleksi. Teknik
pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus 1 dan siklus 2.
Darisiklus 1sebesar 52 % dan semakin meningkat dengan baik 77% ke siklus II.
Ketuntasan klasikal pada penelitian ini dikatakan berhasil jika kemampuan
mengenal lambang bilangan anak melalui bermain puzzle mencapai 75%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui bermain puzzle
dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. Disarankan kepada
guru dapat memberikan stimulasi yang lebih baik untuk meningkatkan
kemampuan mengenal lambang bilangan melalui bermain puzzle.
Kata Kunci :Mengenal lambang bilangan, Bermain puzzle, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:45 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21059 |