Fadhilatularifah, Natasya Ayudya and Riyanto, Riyanto and Wembrayarli, Wembrayarli (2023) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF “BOLA ANGKA” TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5—6 TAHUN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 26 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI Natasya Ayudya F - Natasya Ayudya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Alat Permainan Edukatif
Bola Angka terhadap kemampuan berhitung anak usia 5—6 tahun. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian
Quasi Experiment Design. Populasi kelompok B dalam penelitian ini tersebar
dalam kelompok B1, B2, dan B3 yang berjumlah 40 anak di TK Kemala
Bhayangkari 26 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel
yang dilakukan menggunakan teknik random sampling yaitu kelompok B2
sebagai kelas eskperimen yang berjumlah 13 anak dan kelompok B3 sebagai kelas
kontrol yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu
tes. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian bahwa
Alat Permainan Edukatif Kartu Angka lebih menunjukkan pengaruh dibanding
Alat Permainan Edukatif Bola Angka. Namun, sama-sama memiliki peningkatan
rata-rata baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Jika dilihat dari selisih rata-
rata dari pretest ke posttest pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan rata-
rata dari 9,85 menjadi 11,62 yaitu sebesar 1,77. Sedangkan, pada kelas kontrol
peningkatan rata-rata dari 9,23 menjadi 11,23 dan terhitung sebesar 2. Jika dilihat
dari selisih angka pretest dan posttest dari masing-masing kelompok, dapat
diketahui bahwa peningkatan rata-rata anak kelas kontrol lebih besar dibanding
kelas eksperimen. Kepada peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan
lebih kreatif lagi alat permainan edukatif bola angka.
Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Bola Angka, Quasi Experiment
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:45 |
| Last Modified: | 03 Sep 2024 02:45 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21064 |

