Panjaitan, Renny Amalia A. and Delrefi, Delrefi and Zahratul, Oalbi (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A PAUD KIDDIE LAND KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_RENNY_AMALIA_A._PANJAITAN_RPL_A1I021090 - Renny Panjaitan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan
kemampuan kognitif melalui permainan geometri pada anak kelompok A di
PAUD Kiddie Land Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) yang dilakukan dalam 2 siklus setiap
siklus 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang anak
kelompok A. Objek dalam penelitian ini yaitu kemampuan kognitif anak dengan
aspek kemampuan anak mengurutkan bentuk seriasi geometri lingkaran,
kemampuan anak mengurutkan bentuk seriasi geometri segitiga, kemampuan anak
mengurutkan bentuk seriasi geometri persegi dan kemampuan anak mengurutkan
bentuk seriasi geometri persegi panjang. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes (kuesioner) dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan datanya berupa
lembar observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak
meningkat dengan baik sekali. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan kognitif awal
anak pada tahap prasiklus yaitu 48.75%, pada siklus I memperoleh 69,75% dan
meningkatkan pada siklus II sebesar 89%. Ketuntasan klasikal pada penelitian ini
dikatakan tercapai karena perolehan rata-rata nilai mencapi 80%. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan geometri dapat
meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di PAUD Kiddie Land Kota
Bengkulu. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan
kognitif anak melalui permainan geometri.
Kata Kunci: Permainan Geometri, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 04:18 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 04:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21084 |