Astuti, Asmi and Nirwana, Nirwana and Rohadi, Nyoman (2006) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN (IQ) DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI.IPA SMAN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![I,II,III-ASM-FKIP.pdf [thumbnail of I,II,III-ASM-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-ASM-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (363kB)
![IV,V-ASM-FKIP.pdf [thumbnail of IV,V-ASM-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V-ASM-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (772kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kecerdasan (IQ) siswa kelas XI.IPA SMAN 1 Kota Bengkulu, untuk mengetahui
kemampuan belajar fisika siswa kelas XI.IPA SMAN 1 Kota Bengkulu, hubungan
antara kecerdasan (IQ) dengan kemampuan fisika siswa kelas XI.IPA SMAN 1 Kota
Bengkulu, dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kecerdasan (IQ)
dengan kemampuan belajar fisika siswa kelas XI.IPA SMAN 1 Kota Bengkulu.
Instrumen pengambilan data tes IQ diambil dari arsip yang ada disekolah dan data
kemampuan fisika diperoleh melalui tes, data dianalisis dengan cara menggunakan
regresi liniear sederhana dan regresi ganda pada taraf signifikan 5%, dengan
menggunakan program excel. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara
kecerdasan (IQ) dengan kemampuan belajar fisika digunakan analisis korelasi
product moment dan untuk melihat perbedaan aspek kemampuan belajar fisika
digunakan anova satu jalan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata (1). Tingkat
kecerdasan (IQ) siswa dalam kategori atau kelompok sedang sebesar 70,00%. (2).
Kemampuan belajar fisika yang meliputi aspek kemampuan verbal, kemampuan
gambar, dan kemampuan numeric dalam kategori atau kelompok sedang sebesar
65,71%. (3). Ada hubungan antara kecerdasan (IQ) dengan kemampuan belajar fisika.
(4). Ada perbedaan yang signifikan antara kecerdasan (IQ) dengan kemampuan
belajar fisika yang dilihat dari perbedaan kemmapuan verbal, kemmapuan gambar,
dan kemampuan numerik pada siswa yang memiliki IQ cerdas sekali, IQ cerdas dan
IQ sedang.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 28 Nov 2013 12:04 |
Last Modified: | 28 Nov 2013 12:04 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2109 |