Sembiring, Evata Disolva br and Sutarno, Sutarno and Mellyta, Uliyandari (2023) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE SHARED PADA TEMA PEDULI LINGKUNGAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMPN 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Evata Disolva-A1M019014-Pendidikan IPA-UNIB - Evata Disolva.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran IPA
terpadu tipe shared terhadap penguasaan konsep siswa, besar pengaruh penerapan
pembelajaran IPA terpadu tipe shared terhadap penguasaan konsep siswa dan
tanggapan siswa dalam penerapan pembelajaran IPA terpadu tipe shared terhadap
penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen
dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 31 siswa.
Metode dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain one-grup
pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data penguasaan konsep
menggunakan uji t paired, diperoleh nilai signifikansi menunjukkan 0,005<0,05
sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan diperoleh besarnya effect
size Cohen’s d sebesar 0,37 menunjukkan bahwa terjadi pengaruh yang sedang.
Serta analisis angket tanggapan siswa diperoleh semua indikator berkategori baik
dengan perolehan skor rata-rata sebesar 83,3. Sehingga dapat ditarik kesimpulan
bahwa penerapan pembelajaran IPA terpadu tipe shared memberikan pengaruh
yang signifikan terhadap penguasaan konsep siswa kelas VIIA SMPN 9 Kota
Bengkulu.
Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Tipe Shared, Peduli Lingkungan, Penguasaan
Konsep, SMPN 9
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 04:51 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 04:51 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21104 |