Harofah, Ayu Idhil and Indra, Sakti Lubis and Deni, Parlindungan (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN 15 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Ayu Idhil Harofah - Ayu idhil Harofah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem based Learning (PBL)
berbantuan Handout terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 15 Kota Bengkulu
dalam materi pencemaran lingkungan.. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive
sampling dengan berbagai pertimbangan maka dipilih kelas VII D dengan jumlah siswa sebanyak
24 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah
Pre-Experimental Design tipe One-Group Pretest-Postest Design. Pengumpulan data hasil belajar
siswa dilakukan dengan memberikan lembar soal berupa Pretest (tes awal) dan Postest (tes akhir)
di setiap pertemuan. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji –t. Jika dari hasil uji –t tersebut
terdapat perbedaan yang signifikan maka ditarik kesimpulan terdapat pengaruh penerapan model
Problem Based Learning berbantuan handout terhadap hasil belajar siswa, dan sebaliknya jika
tidak terdapat perbedaan yang signifikan maka tidak terdapat pengaruh. Hasil uji t diperoleh
signifikasi hitung sebesar 0,00 > α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan
bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan setelah siswa
mengikuti pembelajaran Problem based Learning menggunakan handout. Berdasarkan hasil
perhitungan N-gain score rerata sebesar 0,512 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil
perhitungan effect size diperoleh nilai sebesar 0,27 dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan
terdapat pengaruh penerapan model problem based learning menggunakan Handout Ilmu
Pengetahuan Alam terhadap hasil belajar materi pencemaran lingkungan, dengan besar pengaruh
pada kategori sedang.
Kata kunci: Problem Based Learning, Handout, Pencemaran Lingkungan, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 07:47 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 07:47 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21113 |