PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 15 KOTA BENGKULU

Lestari, Tri Reski and Indra, Sakti Lubis and Rendy, Wikrama Wardana (2023) PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 15 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI-TRI RESKI LESTARI-A1M019028 - Tri Reski Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan project
based learning materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap hasil
belajar, peningkatan hasil belajar, dan besar pengaruh penerapan project based
learning terhadap hasil belajar siswa SMPN 15 kota bengkulu. Jenis penelitian yang
diterapkan adalah quasi experiment research tipe nonequivalent kontrol group
design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel, yaitu sampel kelompok
eksperimen yang berjumlah 22 orang dan kelompok kontrol berjumlah 22 orang.
Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes untuk hasil belajar IPA. Berdasarkan
pengujian hipotesis statistik dengan independent sample t-test (α = 0,05) didapatkan
nilai taraf signifikansi 0,002 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel, dimana 3,277 > 2,018
yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat diambil kesimpulan bahwa
terdapat pengaruh penerapan project based learning materi interaksi makhluk hidup
dengan lingkungan terhadap hasil belajar siswa SMPN 15 Kota Bengkulu.
Penerapan pembelajaran IPA materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
menggunakan project based learning dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini
ditunjukkan oleh nilai rata-rata N-Gain yang diperoleh sebesar 0,70 dalam kategori
sedang. Besar pengaruh penerapan project based learning materi interaksi makhluk
hidup dengan lingkungan terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan melalui nilai
effect size Cohen’s d sebesar 0,99 dengan kategori sangat besar. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan project based learning materi
interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap hasil belajar siswa, juga dapat
meningkatkan hasil belajar dan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar.
Kata kunci: Project-Based Learning, Mading, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:47
Last Modified: 03 Sep 2024 07:47
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21115

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200