ANALISIS PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP KEBERADAAN DESA WISATA RINDU HATI

Aprilia, Andita and Yusnida, Yusnida and Handoko, Hadiyanto (2023) ANALISIS PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP KEBERADAAN DESA WISATA RINDU HATI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
ANDITA APRILIA C1A017017 SKRIPSI - Andita Aprilia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Obyek wisata merupakan suatu lokasi wisata yang dimanfaatkan untuk
menarik minat wisatawan berkunjung. Dalam menarik minat wisatawan
dibutuhkan pengembangan objek wisata. Berkembangnya suatu destinasi wisata
dibutuhkan persepsi wisatawan terhadap berbagai daya tarik yang ada.
Di Desa Rindu Hati Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu
Tengah terdapat Desa Wisata Rindu Hati yang merupakan wisata alam. Desa
Wisata Rindu Hati sudah menyajikan dengan cukup baik secara keseluruhan. Desa
Wisata Rindu Hati terus melakukan pengembangan objek wisata untuk menarik
minat wisatawan berkunjung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi wisatawan
terhadap keberadaan desa wisata Rindu Hati ditinjau dari dimensi atraksi,
aksesibilitas, amenitas dan ancillary service. Jenis penelitian ini adalah deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung desa wisata Rindu Hati.
Sampel di tentukan sebanyak 100 orang yang diambil dengan menggunakan
teknik incidental sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis
secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen atraksi dikategorikan baik
dengan total skor sebesar 3,01, komponen aksesibilitas dikategorikan baik dengan
total skor sebesar 2,84, komponen amenitas dikategorikan baik dengan total skor
sebesar 2,73, serta komponen ancillary service dikategorikan baik dengan total
skor sebesar 2,98.
Berdasarkan hal tersebut maka disarankan agar pengelola diberikan arahan
tentang pengembangan desa wisata Rindu Hati yaitu dengan memperbaiki jalan
menuju objek wisata, menambah wahana pendukung yang menarik seperti spot
foto, menambah fasilitas toilet, rumah makan dan terus menjaga kebersihan
sekitar desa wisata Rindu Hati.
Kata Kunci : Persepsi, Rindu Hati, Wisatawan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:41
Last Modified: 03 Sep 2024 08:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21118

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200