Adenolira, Nadera Beka and Hermansyah, Amir and Elvinawati, Elvinawati (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nadera Beka Adenolira_A1F018056_skripsi_bebas perpus - Nadera Beka adenolira.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis Guided
Discovery Learning serta untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap
e-LKPD tersebut. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE
(analysis, design, development, implementation, evaluation) yang dibatasi hanya
sampai tahap development berupa pada tahap uji respon peserta didik. Penelitian
dilakukan dari bulan Juni sampai dengan Maret 2023 di SMA Negeri 1 Bengkulu.
Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPA 4
yang berjumlah 28 orang untuk uji coba kelompok kecil. Instrumen penelitian
berupa lembar wawancara, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi, dan
lembar angket respon siswa. Data yang dihasilkan terdiri dari data kualitatif
berupa saran dari validator dan siswa serta data kuantitatif hasil lembar validasi
dan angket respon siswa. Lembar validasi dan angket respon siswa menggunakan
skala likert 5 pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan e-LKPD kimia
berbasis Guided Discovery Learning dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan
materi dengan persentase aspek media 93,57 % dan aspek materi sebesar 89,12 %.
Respon siswa terhadap e-LKPD kimia berbasis Guided Discovery Learning
berada pada kategori sangat baik dengan persentase rata-rata 91,13 %. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa e-LKPD kimia pada materi laju reaksi
berbasis Guided Discovery Learning sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.
Kata kunci: e-LKPD, Pengembangan, Guided Discovery Learning
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 08:41 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 08:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21122 |