Rolenza, Rarah Sanggita and Elvinawati, Elvinawati and Dewi, Handayani (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
Rarah Sanggita Rolenza_A1F018055-1 - Rarah Sanggita Rolenza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
yaitu dengan menentukan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Pra Eksperimen yang bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu.
Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga
sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2. Instrumen yang
digunakan yaitu tes (pretest dan posttest). Hasil tes (pretest) kelas eksperimen
memperoleh data rata-rata yaitu 29 dan hasil tes (posttest) memperoleh rata-rata
yaitu 81,33. Dari serangkaian uji statistik hipotesis yang dilakukan pada tes
(pretest dan posttest) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan sebelum
dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil
belajar siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 03 Sep 2024 08:41 |
| Last Modified: | 03 Sep 2024 08:41 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21124 |

