Annisa, Tia and M. Lutfi, Firdaus and Dewi, Handayani (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN iSPRING BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tia Annisa_Skripsi Fix - Tia Annisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan
model ADDIE yang dilakukan untuk mengetahui kelayakan, respon, dan
pengaruh media pembelajaran iSpring berbasis android terhadap hasil belajar
peserta didik pada materi titrasi asam basa. Desain uji coba penelitian ini adalah
one group pre-post test design. Subjek penelitian ini adalah 12 orang peserta didik
kelas XI MIPA MAN 1 Kota Bengkulu untuk uji coba skala kecil dan 34 orang
peserta didik kelas XI MIPA 2 untuk uji coba skala besar. Instrumen yang
digunakan meliputi lembar validasi materi dan lembar validasi media, angket
respon peserta didik dan angket respon Guru, beserta googleform. Hasil yang
diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1) tingkat kelayakan pada aspek media yaitu
95% dan aspek materi 88%, 2) hasil uji respon peserta didik menunjukkan hasil
87,29% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil respon guru yaitu 90,86%
dengan kategori sangat menarik, 4) berdasarkan pengukuran N-Gain diperoleh
hasil bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan terhadap hasil belajar
peserta didik sebesar 0,88 dengan kategori tinggi.
Kata Kunci : iSpring, android, titrasi asam basa
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 08:42 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 08:42 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21129 |