Apryani, Dina and M. Lutfi, Firdaus and Agus, Susanta (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN BERBASIS GAMIFIKASI UNTUK MENILAI KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
DISERTASI DINA APRYANI + PLAGIASI_compressed-2 - Dina Apryani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Numerasi merupakan kemampuan yang diteskan oleh pemerintah sebagai
pengganti Ujian Nasional dan penting dimiliki oleh siswa pada abad 21. Penelitian
ini bertujuan untuk merancang instrumen berbasis gamifikasi untuk menilai
kemampuan berhitung siswa SMP yang memenuhi kriteria validitas, reliabilitas
dan praktikalitas, serta menampilkan profil kemampuan berhitung siswa kelas
VIII SMP di kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan model pengembangan
4D dengan tahapan Define, Design, Development, dan Disseminate. Subjek
penelitian adalah siswa kelas 8 SMP di Kota Bengkulu. Pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Penelitian ini
menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berhitung siswa SMP berbasis
gamifikasi yang valid, reliabel dan praktis. Instrumen berbasis gamifikasi ini juga
dapat menampilkan profil kemampuan numerasi siswa SMP di Kota Bengkulu.
Hasil penelitian menyebutkan guru dan siswa SMP belum mempunyai suatu
instrumen untuk menilai kemampuan numerasi dan sangat membutuhkan
instrumen penilaian berbasis gamifikasi untuk menilai kemampuan numerasi.
Penelitian ini memberi kontribusi bagi pendidikan sebagai salah satu media
pembelajaran untuk mempersiapkan diri menghadapi AKM-Numerasi.
Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Gamifikasi, Instrumen Penilaian, Siswa
SMP
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:11 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21195 |