EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BARISTA PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD) PELATIHAN KERJA BENGKULU

Syafitri, Lendy Nurul and Citra, Dwi Palenti and Lenni, Mantili Hutauruk (2023) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BARISTA PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD) PELATIHAN KERJA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
LENDY NURUL SYAFITRI_PENDIDIKAN NONFORMAL - Lendy Nurul Syafitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi program pelatihan
barista pada unit pelaksana teknis daerah (UPTD) pelatihan kerja bengkulu.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif
menggunakan alat ukur model evaluasi CIPP. Validitas instrumen dilakukan
dengan teknik valiaditas logis atau para ahli. Pengumpulan data dilakukan dengan
melakukan observasi, penyebaran angket, dan pengambilan dokumentasi. Angket
terdiri dari 2 yaitu instruktur dan peserta pelatihan barista yang dilakukan
berdasarkan model evaluasi context, input, process, product (CIPP). Kuesioner
instruktur terdiri dari 24 butir pertanyaan dan kuesioner peserta terdiri dari 35
butir peranyaan. Responden dalam penelitian ini adalah 2 orang instruktur dan
seluruh peserta pelatihan barista yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa skor total kesiapan instruktur sebesar 4,40 yang termasuk
dalam katagori sangat baik. Berdasarkan model evaluasi CIPP diperoleh skor
kesiapan instruktur: (1) aspek context sebesar 4.70, (2) aspek input sebesar 4.29,
(3) aspek process sebesar 4.11, (4) aspek product sebesar 4.50. Skor total
kesiapan peserta sebesar 3.97 yang dikatagorikan baik. Berdasrakan model
evaluasi CIPP diperoleh skor kesiapan peserta: (1) aspek context sebesar 3.93, (2)
aspek input sebesar 3.79, (3) aspek process sebesar 4.63, (4) aspek product
sebesar 3.52. Bedasarkan butir pertanyaan yang mengenai sarana dan prasarana
menunjukan skor total sebesar 4,02 yang termasuk dalam katagori baik, dengan
skor rata-rata tanggapan instruktur terhadap sarana dan prasarana sebesar 4.00 dan
skor rata-rata tanggapan terhadap sarana dan prasarana peserta sebesar 4.03.
Kata Kunci: Evaluasi, Pelatihan, CIPP

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:10
Last Modified: 05 Sep 2024 04:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21200

Actions (login required)

View Item
View Item