PENGARUH MOTIVASI, KONSEP DIRI, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP STATISTICAL REASONING DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Yensy. B, Nurul Astuty and Sudarwan, Danim and Agus, Susanta (2025) PENGARUH MOTIVASI, KONSEP DIRI, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP STATISTICAL REASONING DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Disertasi] Archive (Disertasi)
DISERTASI NURUL ASTUTY YENSY - Nurul Astuty Yensy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh langsung, dan tidak langsung
motivasi, konsep diri, dan kemandirian belajar terhadap statistical reasoning
mahasiswa dengan model Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Populasi adalah mahasiswa S1 Pendidikan Matematika di
Kota Bengkulu angkatan 2021 yang sudah mengambil mata kuliah statistik lanjut
berjumlah 118 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh,
yaitu semua populasi. Namun total sampel penelitian hanya berjumlah 115 orang
(3 orang tidak hadir). Instrumen penelitian terdiri dari angket dan tes. Data
dianalisis dengan path analysis menggunakan bantuan SPSS versi 23. Dengan taraf
signifikansi 5%, hasil penelitian membuktikan: (1) pengaruh motivasi terhadap
kemandirian belajar sebesar 0,181; (2) pengaruh konsep diri terhadap kemandirian
belajar sebesar 0,599; (3) pengaruh motivasi terhadap statistical reasoning sebesar
0,461; (4) pengaruh konsep diri terhadap statistical reasoning sebesar 0,351; (5)
pengaruh kemandirian belajar terhadap statistical reasoning sebesar 0,255 (6)
pengaruh motivasi terhadap statistical reasoning melalui kemandirian belajar
sebesar 0,046; (7) pengaruh konsep diri terhadap statistical reasoning melalui
kemandirian belajar sebesar 0,153; (8) pengaruh simultan motivasi dan konsep diri
terhadap kemandirian belajar sebesar 52,2%; (9) pengaruh simultan motivasi,
konsep diri, dan kemandirian belajar terhadap statistical reasoning sebesar 79,3%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
motivasi, konsep diri, dan kemandirian belajar terhadap statistical reasoning
mahasiswa S1 Pendidikan Matematika di Kota Bengkulu dengan model Project
Based Learning.
Kata Kunci: Motivasi, Konsep diri, Kemandirian Belajar, Statistical Reasoning,
Project Based Learning

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:11
Last Modified: 22 Jul 2025 02:11
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21202

Actions (login required)

View Item
View Item