Ardiansyah, Tomy and Resnani, Resnani and Panut, Setiono (2023) FENOMENA KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1G019049_Tomy Ardiansyah_SKRIPSI ASLI-dikompresi-dikompresi - Tomy Ardiansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Kurang optimalnya peran guru dalam menerapkan keterampilan pengelolaan kelas
sehingga menyebabkan timbulnya masalah pengelolaan kelas. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena keterampilan pengelolaan kelas pada
pembelajaran di SD Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini guru kelas IIA dan IVA.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman
(dalam Sugiyono, 2022: 247). Uji kredibilitas data yaitu perpanjangan
pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu guru telah melaksanakan
keterampilan pengelolaan kelas yang bersifat preventif yaitu menyiagakan peserta
didik, memberikan petunjuk yang jelas, memandang secara saksama, gerak
mendekati, memberikan pernyataan, memberikan reaksi terhadap gangguan
ketidakacuhan, memberikan teguran, memberikan penguatan, dan menuntut
tanggung jawab. Sedangkan keterampilan yang bersifat represif yaitu memberikan
hukuman dan mengatasi tingkah laku peserta didik yang menimbulkan masalah.
Akan tetapi, dibeberapa keterampilan masih ada hal yang harus diperbaiki seperti
menyiagakan peserta didik guru kurang efektif melaksanakan kegiatan ice
breaking akibatnya beberapa peserta didik kurang semangat dan malas
melaksanakanya. Kemudian ketika memandang secara saksama dan gerak
mendekati peserta didik terdapat kelemahan guru dalam memperhatikan aktivitas
keseluruhan peserta didik secara bersamaan. Selanjutnya, pada kegiatan menuntut
tanggung jawab peserta didik guru kurang memperhatikan budaya antre dalam
melatih tanggung jawab peserta didik. Selanjutnya, terkhusus untuk guru kelas
IVA pemberian hukuman kepada peserta didik haruslah memperhatikan prinsip-
prinsip pemberian hukuman yang baik. Selanjutnya pada keterampilan
pemberiaan penguatan guru perlu melaksanakan kegiatan tersebut. Kesimpulan
dari penelitian ini guru telah melaksanakan keterampilan pengelolaan yang
bersifat preventif dan represif dengan cukup baik. Akan tetapi, dibeberapa
kegiatan masih ada hal yang harus diperbaiki.
Kata kunci: Pengelolaan kelas, Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 09:00 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 09:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21236 |