PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD N 68 KOTA BENGKULU

Hastuti, Adetia and Dalifa, Dalifa and Neza, Agusdianita (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD N 68 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Adetia Hastuti_A1G018052_Skripsi - Adetia Hastuti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, motivasi
belajar, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD N 68
Kota Bengkulu dengan menerapkan model discovery learning berbantuan media
audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVB SDN 68 Kota Bengkulu yang
berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes. Teknik
analisis data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor
tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai setiap kriteria. Data tes
dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai dan presentase ketuntasan belajar.
Hasil penelitian aktivitas guru siklus I yaitu memperoleh rata-rata skor 38,5
(kategori baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 52 (kategori sangat baik).
Hasil skor aktivitas siswa siklus I yaitu memperoleh rata-rata skor 37,5 (kategori
baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 52,5 (kategori sangat baik). Hasil skor
motivasi belajar siklus I yaitu 10,82 (kategori baik) meningkat pada siklus II yaitu
13,14 (kategori sangat baik). Hasil belajar siswa siklus I mapel Bahasa Indonesia
diperoleh nilai rata-rata 70,8 dengan ketuntasan klasikal 52% meningkat pada
siklus II yaitu 84,4 dengan ketuntasan klasikal 80%. Mapel IPA pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata 74,8 dengan ketuntasan klasikal 72% meningkat pada
siklus II yaitu 75,6 dengan ketuntasan klasikal 84%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan media audio
visual dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa pada
pembelajaran Tematik kelas IV SDN 68 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Discovery Learning, Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Hasil
Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 09 Sep 2024 09:07
Last Modified: 09 Sep 2024 09:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21237

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor