PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS di KELAS IV SD GUGUS XII KOTA BENGKULU

Alda, Destrian Ramadhan and Feri, Noperman and Sri, Dadi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS di KELAS IV SD GUGUS XII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Destrian Ramadhan Alda - A1G019029 - Skripsi - Destrian Ramadhan Alda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap
hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD di Gugus XII
Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode
peneltian Quasi Experimental dengan desain peneltian The Matching Only
Pretest-Posttets Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh kelas IV SDN pada gugus XII di Kota Bengkulu, yang terdiri dari SDN
20, SDN 60, SDN 35, SDN 81, dan SDN 99. Sampel dalam penelitian ini yaitu
kelas kontrol adalah kelas IV SDN 99 Kota Bengkulu dan kelas eksperimen
adalah kelas IV A SDN 20 Kota Bengkulu. Teknik pemilihan sampel
menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar
tes berbentuk soal pilihan ganda. Pengambilan tes dilakukan sebelum dan sesudah
pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data
penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan
uji inferensial. Dari hasil uji-t didapatkan hasil posttest peserta didik antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai thitung (2,56) lebih besar dari nilai
ttabel (2,008). Karena nilai thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%, maka Ha diterima.
Karena pada kelas eksperimen dan kelas kontrol itu diberikan perlakuan yang
berbeda yaitu pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) sedangkan pada kelas
kontrol tidak memakai model tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory,
Intellectually, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran IPAS di kelas IV SD di Gugus XII Kota Bengkulu, karena adanya
perlakuan yang berbeda antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory, Intellectually,
Repetition (AIR), Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAS

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:47
Last Modified: 10 Sep 2024 02:47
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21239

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200