PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Purnama, Erli Puspita and Nurul, Astuty Yensy and Tria, Utari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
A1C019003_Erli Puspita Purnama_Skripsi Cetak_compressed - Erli Puspita Purnama.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan
penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar
matematika kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest
Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 2 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ialah VIII
B yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling, sampel tersebut terdiri
dari 36 peserta didik. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah
lembar tes hasil belajar matematika yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian
mennunjukan bahwa rata-rata hasil Pretest-Posttest terkait hasil belajar
matematika diperoleh sebesar 49.88 dan 80.52, kemudian dilakukan uji paired t�test dan diperoleh nilai

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:57
Last Modified: 10 Sep 2024 04:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21248

Actions (login required)

View Item
View Item