Nadia and Nurul, Astuty Yensy and Tria, Utari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C019021_Nadia_Skripsi - Nadia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan
penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematis pada materi garis dan sudut kelas VII SMP Negeri
2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan
desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu tahun pelajaran
2022/2023. Sampel penelitian ialah kelas VII E yang diambil dengan
menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang
berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes
sebelum dan tes setelah Discovery Learning terkait kemampuan pemahaman
konsep matematis diperoleh sebesar 44,70 dan 77,55, kemudian dilakukan uji
paired t-test dan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 10,53 > 2,05, sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran
Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 04:05 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 04:53 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21249 |