Lezi, Kusma and Rohadi, Nyoman and Nirwana, Nirwana (2006) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Kalor Di Kelas VIII 6 SMP Negeri I Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![I,II,III-KUS-FKIP.pdf [thumbnail of I,II,III-KUS-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-KUS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
![IV,V-KUS-FKIP.pdf [thumbnail of IV,V-KUS-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V-KUS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student
Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa
Pada Konsep Kalor Di Kelas VIII 6 SMP Negeri I Bengkulu. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus bertujuan untuk
mengetahui aktivitas guru dan siswa, hasil belajar siswa dan pemberian sumbangan
siswa terhadap skor kelompok dalam mencapai penghargaan kelompok. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 6 SMP Negeri I Bengkulu yang berjum-
lah 37 orang. Data dikumpulkan dari tes, lembar observasi, laporan, presentasi,
pekerjaan rumah, lembar penilaian afektif, dan psikomotorik siswa. Selanjutnya data
dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh data
aktivitas guru dan siswa dari tiga siklus yang telah dilaksanakan berada pada kategori
baik ditunjukkan rata-rata aktivitas guru siklus I 54,5, siklus II 59,5, dan siklus III 60.
Skor rata-rata aktivitas siswa siklus I 53,5, siklus II 57,5, dan siklus III 59,5. Hasil
belajar kognitif menunjukkan siklus I nilai rata-rata siswa 74,77, daya serap 74,77%
dengan ketuntasan belajar 54,05%. Siklus II nilai rata-rata siswa 79,01, daya serap
79,01% dengan ketuntasan belajar 72,97%. Siklus III nilai rata-rata siswa 80,32, daya
serap 80,32% dengan ketuntasan belajar 86,48%. Hasil belajar afektif menunjukkan
siswa yang mendapat nilai A (baik) pada siklus I sebanyak 43,24%, siklus II 56,57%,
dan 83,78% pada siklus III. Hasil belajar psikomotorik menunjukkan siswa yang
mendapat 100 (istimewa) pada siklus I sebanyak 32,43%, siklus II 67,56%, dan
91,89% pada siklus III. Sumbangan siswa terhadap skor kelompok menunjukkan
sebanyak lima kelompok berhasil mendapat penghargaan pada siklus II dan tujuh
kelompok pada siklus III dari delapan kelompok kooperatif tipe STAD. Berdasarkan
data tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa serta penghargaan yang
dicapai kelompok
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 28 Nov 2013 13:04 |
Last Modified: | 28 Nov 2013 13:04 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2126 |