Rusli, Selya Destama and Pebrian, Tarmizi and Resnani, Resnani (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL STAD BERBANTUAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD GUGUS XIX KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SELYA DESTAMA RUSLI PGSD A1G016044 - Selya Destama Rusli.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif
tipe Student Teams Achievement Division berbantuan Media Animasi Audio
Visual terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik di kelas V
SD gugus XIX Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental dengan jenis
desain The Matching Only Pretest Posttest Control Group Design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN pada gugus XIX Kota
Bengkulu yang berstatus sekolah negeri dan memiliki akreditasi A. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih
kelas VD SDN 69 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas VA SDN
72 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa
thitung mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 4,53 dan mata pelajaran IPA
sebesar 4,06 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,00 dimana thitung yang
diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel. Untuk hasil belajar aspek sikap presentase
keseluruhan untuk kelas eksperimen 68% sedangkan presentase sikap untuk kelas
kontrol 48%. Untuk hasil belajar aspek keterampilan presentase keseluruhan
untuk krlas eksperimen 67% sedangkan presentase keterampilan untuk kelas
kontrol 41%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Student Teams
Achievement Division(STAD) berbantuan Media Animasi Audio Visual.
Kata Kunci: Tematik, Model STAD, Media Animasi Audio Visual, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 04:51 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 04:51 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21260 |