Suma, Kalia and Dewi, Rahimah and Nurul, Astuty Yensy (2023) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERBANDINGAN KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KALIA SUMA_A1C019004_PENDIDIKAN MATEMATIKA - 004 Kalia Suma.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan serta faktor�faktor penyebab yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita
perbandingan pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Jenis penelitian
ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian ini ialah kelas VII-B SMP
Negeri 10 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 peserta didik. Analisis data
menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) jenis-jenis
kesalahan yang dilakukan peserta didik berupa kesalahan membaca rata-rata 0% ,
kesalahan memahami dengan rata-rata 15,28%, kesalahan transformasi rata-rata
20,83%, kesalahan keterampilan proses rata-rata 37,50%, dan kesalahan jawaban
akhir rata-rata 70,84%, 2) faktor penyebab kesalahan dalam memahami,
transformasi, keterampilan proses dan jawaban akhir dalam penelitian ini adalah
tidak dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, kehabisan
waktu, tidak terbiasa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, kurang
mampu menuangkan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, kurang
paham perbandingan antara harga dengan barang atau jumlah hari dengan jumlah
pekerja, kurang memahami materi atau perbedaan antara perbandingan senilai dan
berbalik nilai, terburu-buru, salah dalam tahap sebelumnya, kurang menguasai
operasi perhitungan dasar matematika seperti perkalian, pembagian, kurang
paham cara menuliskan kesimpulan dan tidak terbiasa menulis kesimpulan.
Kata Kunci : Deskriptif, Analisis Kesalahan Siswa, Kualitatif, Soal Cerita.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 04:54 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 04:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21261 |