Umam Al Parisi, Sahrul and Saleh, Haji and Dewi, Rahimah (2023) PENGEMBANGAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILLS BERBASIS BUDAYA BENGKULU UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FINAL_SAHRUL UMAM AL PARISI_A1C019036_PEND. MATEMATIKA_compressed_compressed - 036 Sahrul Umam Al Parisi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan soal HOTS berbasis Budaya Bengkulu yang
valid, reliabel, dan praktis serta mengetahui kemampuan penalaran matematis
peserta didik dalam menyelesaikan soal yang dikembangkan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan model ADDIE yang meliputi tahap Analysis
(analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation
(implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian adalah peserta didik
kelas VIII SMPIT Cahaya Rabbani Kepahiang. Penelitian ini menghasilkan soal
HOTS berbasis Budaya Bengkulu pada tingkatan kognitif C4 dan C5 materi
aritmatika sosial. Hasil Penelitian menunjukkan soal yang dikembangkan: (1) valid
berdasarkan indeks Aiken’s V semua kategori validitas logis (isi, konstruk, dan
bahasa) sebesar 0,88 – 0,98 serta berdasarkan hasil uji validitas empiris
menunjukkan rhitung (0,678–0,859) > (0,413), (2) reliabel berdasarkan nilai
Cronbach’s Alpha sebesar 0,896 tingkat kesukaran dalam kriteria sedang dan sukar,
serta daya pembeda dalam kriteria baik dan cukup, (3) praktis berdasarkan nilai
kepraktisan (VR) sebesar 3,94, (4) kemampuan penalaran matematis 22 peserta
didik dalam menyelesaikan soal yang dikembangkan 9,09% dalam kategori sangat
rendah, 40.91% dalam kategori rendah, 45.45% dalam kategori sedang, 4.55%
dalam kategori tinggi. Soal yang dikembangkan mampu menarik minat,
memotivasi, menantang pola pikir, memberikan pengalaman, membiasakan,
melatih, dan mengembangkan kemampuan penalaran matematis peserta didik.
Kata Kunci: Budaya Bengkulu, HOTS, Penalaran Matematis, Penelitian dan
Pengembangan, Soal Matematika.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 04:54 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 04:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21268 |