Diza Alfionita, Nanda and Ringki, Agustinsa and Hanifah, Hanifah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Nanda Diza Alfionita A1C019031_Compressed - Nanda Diza Alfionita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif
berbasis articulate storyline pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII
SMPN 18 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan 5 tahapan
model pengembangan ADDIE, yaitu analisis (analyze), perancangan (design),
pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi
(evaluation). Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar
kepraktisan, dan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
Validasi media pembelajaran dilakukan dengan empat orang validator. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif
berbasis Articulate Storyline termasuk dalam kategori : (1) Sangat valid
berdasarkan 61 aspek penilaian terdiri dari 10 aspek penilaian materi, 17 aspek
penilaian konstruksi, 8 aspek penilaian bahasa, dan 26 aspek penilaian media
dengan diperoleh skor rata-rata 0,916 dengan kriteria kevalidan yaitu “sangat
valid”., (2) Sangat praktis berdasarkan 16 aspek penilaian praktis dengan rata�rata skor 88,25 % dengan kriteria kepraktisan yaitu “sangat praktis”., (3) Efektif
dari hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu diperoleh 89,66 % siswa
tuntas secara klasikal dengan kriteria minimal 80 % dari jumlah siswa
memperoleh nilai ≥ 70 dan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika
siswa menggunakan N-Gain sebesar 0,7246 berada pada kategori “tinggi” serta
hasil uji t-paired test menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikansi 0,000
dimana 0,000 ≤ 0,05 (sig ≤ 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya,
adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dengan posttest sehingga
menunjukkan adanya pengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman
konsep matematika siswa sebelum dan sesudah pemberian media pembelajaran
interaktif.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 07:30 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 07:30 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21270 |