PENGEMBANGAN SOAL PENALARAN MATEMATIKA MODEL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) BERKONTEKS BENGKULU UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

ALIMAH, RAFIDAH and Nurul, Astuty Yensy and Ringki, Agustinsa (2023) PENGEMBANGAN SOAL PENALARAN MATEMATIKA MODEL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) BERKONTEKS BENGKULU UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi Rafidah Alimah - Rafidah Alimah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan soal penalaran matematika model Asesmen
Kompetensi Minimum (AKM) yang valid dan reliabel, serta mengetahui tingkat
kemampuan penalaran matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal yang
dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model
4D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek
penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini
menghasilkan 7 soal penalaran matematika model AKM berkonteks Bengkulu yang
meliputi konten domain Bilangan, Aljabar, Geometri dan Pengukuran serta Data
dan Ketidakpastian. Hasil penelitian menunjukkan soal yang dikembangkan: (1)
Valid berdasarkan indeks Aiken V semua katagori validitas logis (isi, konstruk, dan
bahasa) serta berdasarkan hasil uji validitas empiris menunjukkan rhitung > rtabel (α, (N-
2)); (2) Reliabel berdasarkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0.797, tingkat
kesukaran dalam kriteria sedang dan sulit, serta daya pembeda dalam kriteria sangat
baik, baik dan cukup; (3) Kemampuan penalaran matematika 34 peserta didik
dalam menyelesaikan soal yang dikembangkan adalah 14.7% dalam kategori sangat
rendah, 58.8% dalam kategori rendah, 23.5% dalam kategori sedang, 2.9% dalam
kategori tinggi, serta kategori kemampuan penalaran matematika peserta didik rata�rata sedang pada soal nomor 3, 5, 6, 7 sedangkan pada soal nomor 1, 2 dan 4 rendah.
Soal yang dikembangkan mampu menarik minat, memotivasi, menantang pola
pikir, memberikan pengalaman, membiasakan, melatih, mengaktifkan,
memunculkan, dan mengembangkan kemampuan penalaran matematika peserta
didik.
Kata kunci: AKM; Konteks Bengkulu; Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:31
Last Modified: 10 Sep 2024 07:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21271

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200